Berat dan Umur Telur…

Umur dan Berat Telur Ayam Ras yang Beredar di Kota Bengkulu

Age and weight of layer eggs distributed in Bengkulu

Suharyanto

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Jalan Raya Kandang Limun, Bengkulu.Telp. (0736) 21170. Pst. 219.

ABSTRACT

This study aimed to know eggs storage term, weight and their origin by involving 8 respondents of egg distributor, 10 egg retailers of Pasar Pagar Dewa, 12 egg retailers of Pasar Minggu and 16 egg retailer of Pasar Panorama. Each respondent, both distributor and retail level, was taken as many as 5 eggs to be measured. The result showed that most of the distributors took the egg from producers directly (75%) and the others obtained from the egg collectors. At the retailers level, some egg supplies were from producer directly (31.6%). Egg storage term average was 6.69 days at distributors level and 9.78 days at retailers level. The retailers’ egg weight was heavier than distributors’ where 62.8 grams was at retailers level and 65.6 grams at distributors level

Key words: eggs, weight, storage term.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui umur, berat dan asal telur ayam ras yang beredar di pasaran Kota Bengkulu dengan melibatkan 8 responden distributor telur dan 10 orang responden pedagang pengecer Pasar Pagar Dewa, 12 responden pengecer Pasar Minggu dan 16 responden pengecer Pasar Panorama sehingga total responden sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya distributor mendapatkan telur dari produsen langsung (75%) dan sisanya berasal dari pedagang pengumpul di luar Provinsi Bengkulu, ada 31,6% pengecer yang langsung mendapatkan telur dari produsen di luar Provinsi Bengkulu umur telur rata-rata untuk tingkat distributor adalah 6,69 hari dan tingkat pengecer 9,78 hari. Berat telur rata-rata mengalami penurunan dari tingkat distributor ke pengecer, yaitu dari 65,6 gram menjadi 62,8 gram.

Kata Kunci: Telur, berat, umur simpan.

Jurnal Sain Peternakan Indonesia Volume 2 Nomor 1, Januari – Juni 2007. Hal 22 – 25.

12 Comments

Filed under Artikel ilmiah

12 responses to “Berat dan Umur Telur…

  1. Drs.H..zulkarnain

    Ass.wr.wb.Pak Suharyanto yang baik…alamat ini saya dapat dari laman SNMPTN 2013 UNIB…mohon bantuan Bpk agar Sekolah Binaan saya dapat kesempatan siswa utk mahasiswa undangan dari Kampus UNIB untuk semua Fakultas, atas bantuan Bpk kami ucapkan Terimakasih.
    Zulkarnain ( Pengawas Sekolah ) kab.Mandailing Natal-sumut

  2. Secara umum, semua telur unggas memiliki persentase kandungan protein yang sama. tetap karena ukuran dan berat telur puyuh lebih kecil dari telur ayam maka secara mutlak menjadi lebih kecil.

  3. ooo…. gitu y pak …
    maksih y pak. tapi saya ada pertanyaan pak, bagaimanakah perbandingan kandungan protein telur ayam dibandingkan telur puyuh ??? terimakasih pak

  4. Buat Yenny, sebenarnya banyak yang bisa dikaji dari sisi sosek-nya. Cuma sy lagi belum ada ide untuk itu..

    Trims.

  5. thax buat infonya….
    maaf yah pak sebelumnya, saya yenny mahasiswa peternakan universitas andalas,.. rencany saya mau buat penelitian di bidang soseknya, kira2 ada g pak usulan tentang itu ??? judulnya mungkin pak ??? terimaksih …

  6. @ MURSAHA. Sebagian artikel tentang THT ada di page (halaman) ILMU PETERNAKAN. Pada beberapa kesempatan akan saya muat juga artikel tentang THT. Terimakasih.

  7. MURSAHA

    MOHON DI MUAT LAGI ARTIKEL2 TENTANG THT.TERIMA KASIH.

  8. salam..
    saat ini saya menjual CD cara beternak ayam arab dan ayam petelur yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

  9. To Anita.

    Ya saya mengajar di Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Univ. Bengkulu. Silahkan kirim email ke suharyanto_wp@yahoo.com. Terimakasih.

  10. anita

    Maaf pak…
    saya berencana untuk penelitian tentang tepung bulu, namun kurang literatur. Nah, apakah bapak punya jurnal atau artikel yang terkait dengan hal tersebut.
    Maaf, juga saya mau tanya bapak dosen dijurusan peternakan univ.bengkulu? Kemarin saya dapat info penelitian tepung bulu ayam banyak dilakukan oleh Dr. Yosi Fenita, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Bolehkah saya minta alamat email bapak?

  11. To: Dam,

    Terimakasih telah mengunjungi blog saya. Saya kebetulan tidak memiliki literatur yang terkait dengan ayam arab. Saya tidak menggeluti aspek produksi dan nutrisi unggas. Jadi dengan berat hati saya katakan saya tidak bisa mengirimkan artikel yang terkait. Semoga ini tidak menjadikan saudara berhenti di sini untuk mencari.

    Semoga berhasil.

  12. dam

    aslm….
    Permisi…. maaf ganggu…
    saya ramdhan gumilar, mahasiswa fakultas peternakan Universitas Padjadjaran 2005.
    Saya rencana mau penelitian “pengaruh tipe kandang (cage dan litter) terhadap kualitas telur ayam arab”
    Saya melihat artikel saudara yang sangat menarik, dan kemungkinan besar bisa dijadikan literatur dan kerangka pemikiran untuk penelitian saya. Apakah anda bisa membantu saya untuk mengirimkan isi jurnal atau artikel apa saja yang menyangkut judul penelitian saya???
    Mohon bantuannya….
    terima kasih…..

Leave a Reply

