Ada Mall Lagi

Oleh: Suharyanto

Ada suatu pemandangan menarik bagi warga Bengkulu beberapa waktu terakhir ini. Ya, sekarang ada Mall lagi di kota kita. Kehadiran Malll bagi warga Bengkulu telah lama ditunggu-tunggu karena ini menyangkut banyak hal. Diantaranya dianggap sebagai ukuran kemajuan daerah dan tempat yang prestisius bagi sebagian orang. Pernah suatu ketika dalam obrolan masyarakat kelas menengah, mereka membandingkan betapa kalahnya Kota Bengkulu dibandingkan dengan Kota Lubuk Linggau yang telah memiliki Mall. Masyarakat merasa minder menjadi orang Bengkulu karena di tempatnya tidak memiliki Mall. ”Ah, aponyo Bengkulu ko, Mall ajo idak nyo” demikian kira-kira ungkapan para pencinta Mall. Bagi orang-orang seperti ini, kemajuan dan keramaian diukur dengan ada tidaknya Mall. Dan Alhamdulillah, sekarang Mall telah berdiri dan artinya Bengkulu telah maju.

Mulanya perencanaan pendirian Mall sudah bergulir beberapa tahun yang lalu, tetapi belum bisa terwujud. Hingga akhirnya ada proyek Mega Mall yang merupakan proyek prestisius pemerintah kota meski dibangun dengan jalan terseok-seok dan bahkan kalah duluan berdiri dengan Bengkulu Indah Mall (BIM). BIM telah memberi aroma tersendiri dalam jagad Bengkulu sehingga bisa menjadi berbangga-bangga bahwa kita tidak kalah dengan kota kabupaten di provinsi tentangga, kita sudah memiliki Mall. Nah, sekarang ditambah lagi, Mall kita ada dua. Senang sekali rasanya.

Begitulah, Mall di pikiran kita, di daerah yang selama ini belum ada Mall dan hanya bisa melihat Mall dari layar kaca dalam semua sinetron kita. Selama ini hanya melihat dan mengkhayalkannya, kini ada kenyataan. Maka berbondong-bondonglah manusia Bengkulu untuk mengunjungi Mall. Tak heran bila aneka pemandangan dan cerita yang terjadi di seputar Mall juga menjadi bahan cerita tersendiri. Yah, hiruk pikuk.

Selanjutnya, benarkah adanya Mall sebagai indikator kemajuan? Jawabannya adalah YA. Pendirian suatu Mall pasti telah dilalui tahap-tahap yang berujung pada kelayakan suatu daerah dibangun Mall. Kelayakan yang paling penting adalah perekonomian masyarakat karena Mall merupakan pusat perbenalanjaan barang dan jasa. Jika Mall sudah didirikan artinya adalah bahwa masyarakat di daerah tersebut memiliki daya beli yang memadai. Jika tidak mana mungkin pengusaha berani menanamkan modal membangun Mall. Nah, dengan logika sederhana seperti ini maka jelas sekali bahwa Mall bisa menjadi indikator kemajuan suatu daerah dan kemakmuran ekonomi warganya. Tentu saja bukan semua warga, karena pada saat bersamaan di kota kita juga dibanjiri gelandangan dan pengemis.

Jika ternyata daya beli masyarakat rendah, sehingga pergi ke Mall hanya sekedar jalan-jalan dan mencoba naik turun tangga berjalan maka yang “salah” adalah kajian kelayakannya. Mengapa daerah yang daya belinya masih rendah kok dibangun Mall? Bukankah ini malah bisa menimbulkan efek negatif, yaitu timbulnya kejahatan. Orang-orang jahat baru akan bermunculan. Mereka “ngiler” melihat barang-barang bagus terpampang di depan mata tetapi tidak bisa memilikinya secara sah, maka jalan pintasnya adalah “berbuat jahat”.

Bengkulu Ekpress, Jumat, 8 Agustus 2008

20 Comments

Filed under Artikel Umum

20 responses to “Ada Mall Lagi

  1. Mas Wirawan,

    Selamat datang di Bengkulu dan selamat ber-packing ria… selamat menikmati suasana Kota Bengkulu.

  2. saya saat ini sedang backpacking, jalan-jalan, di Bengkulu. dari pengalaman saya berkeliling nusantara, kota Bengkulu termasuk cukup maju. taraf barang di Bengkulu Indah Mall pun saya rasa sudah setara dengan kota-kota menengah di Pulau Jawa.

  3. yeni

    alhamdulilah akhir nyo ado mall jugo di tempe kito bengkulu, meskipun agak terlambat tetapi udah ado sedikit kemajuan dr pado idak samo sekali, kadang sampe malu kalu di tanyo orang bengkulu tu dimano dan cakmano daerah nya….. bikin pilu dan miris ambo dengar nyo. meat sukses daerah ku. good luck.

  4. pie

    senang nian ndenger d bkl sdh ado mall. sdh lamo dak k bkl n dak tau pkembangannyo,jd pengen k sano.sy alumni smu 4/5 cendana keluaran thn 96.
    bbrp thn yg ll suami survey MT,mencari panas bumi n kalo ga salah ternyata kandungannya lumayan besar,di daerah muara aman/lebong. mungkin skrg udah diproses pihak Ptm geothermal.insyaallah ini sgt2 bpengaruh untuk income daerah walau efeknya tdk sekuat migas. sukses selalu unt bengkulu

  5. maju terus bengkulu,,kito kejar masa yang tertinggal

  6. maju terus bengkulu,,mari kito kejar masa yang tertinggal

  7. Sutan arbi

    sayo jugo ikut bangga dengan kemajuan Bengkulu sekarang ada Mall meskipun masih jauh dari tempat tinggal sayo, tetapi akan lebih bagus lagi kalo ada Mall yang berdiri di sekitar jalan Suprapto. Tempat itu sayo pikir akan lebih strategis dan akan lebih tampak lagi apo bae kemajuan Bengkulu. ayo turut berdo’a semoga siapapun yang memimpin bengkulu punya hasrat yg tulus untuk membangun kota Bengkulu bukan hanya bertujuan memperkaya diri / korupsi…amin…amin…amin… Kami dari Pematang Gubernur dan sekitarnya akan selalu siap meramaikan Kota Bengkulu.

  8. good luck bengkulu maju terus y…salam anak bengkulu di Jatim….

  9. arie

    syukurlah klw mall2 di bengkulu udah selesai…
    kirain gk bakalan selesai..hehheheee
    tolong dong photo2nya di muat di artikel ini ,,pengen liat
    dah lama gk balik ke bengkulu…hahhaaaaaaaa
    bengkuluku……….

  10. wai buli jugo dak bengkulu kito punyo…………tp lebih baek lagi mega mall buat tempat dugem….biar mabuk galo bujang bengkulu………..sex bebas……party terus……………indehoi getu

  11. Blogger2 khan suka pakai blogspot.com, yang ini di banned sama junta Myanmar. Kalau di Yangon kita serasa jadi Kompeni Belanda jaman dulu. Maklum, orang Myanmar umumnya jauh lebih miskin dari orang Indonesia kebanyakan. Orang Indonesia gak ada yg jadi korban nargis, karena jumlahnya jg gak banyak, paling 200-an jiwa. Aku ngajar Bahasa Indonesia buat siswa asing, macem-macem asale. Ada yg dari Malaysia, Pilipina, Vietnam, Jepang, Laos, Pakistan juga. Ngajarnya ya gak enak, cuman gajinya ya lumayan enak.

  12. Ya, sekarang bengkulu dah punya dua Mall. yang satu di pintu masuk Pantai Panjang namanya Bengkulu Indah Mall dan yang satunya ada di Pasar Minggu berdampingan dengan Pasar Tradisional Modern (PTM). Mungkin kamu belum tahu ya ada PTM, itu bekas paar munggu yang di bawah dijadikan pasar tradisional moderen. Nah antara PTM dengan pasar minggu atas itulah dibangun Megamall. Soal gambar, sorry… cari aja di google atau lainnya. banyak kok blogger2 Bengkulu yang memuat gambar tentang Bengkulu. Bila perlu join dengan forumbengkulu.info. Kayaknya pas buat kamu yang lagi kangen Bengkulu. Sekalian critakan pengalaman di yanggon tempat rezim militer paling bodoh sedunia.. ha ha ha.

    Gimana Met, crita topan Nargisnya? Dah pada dapat makan belum korbannya. Orang Indonesia ada yang jadi korban nggak? Ngajar di sana enak ya? Salam ya buat Aung San Syu Kyi…….

  13. Slamet Supriyanto

    To, mBengkulu wis ada mall-nya ya? Kayak apa? Dimana? Besar nggak? Maklum, To, waktu aku tinggalin, kayaknya belum ada mall-mall, gitu. Tolong di-posted foto-fotonya yang banyak. Kangen sama kampung Bengkulu aku.

  14. Uly

    Wah wah wah.. Katanya kota Bengkulu udh ada 2 mall y? Gw sbgai org Bengkulu yg skrg tgl dJogja sangat snang klw kota Bengkulu skrng makin maju..

  15. sayo warga bengkulu yang kuliah di bandung senang kalo bengkulu udah semakin maju,karena bengkulu udah sangat tertinggal,sampai2 orang disini banyak yang ga tau dimana bengkulu,sayo sebagai warga bengkulu prihatin nian,semoga kedepan bengkulu menjadi kebanggaan warganya….

  16. Akhirnya terwujud juga impian Warga bengkulu akan hadirnya mall di kota kesayanganya,terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpatisipasi untuk membangun dan memajukan kota bengkulu kito tercinto…..

  17. semoga aja masyarakat bengkulu g lagi punya kebiasaan : angek2 taik ayam..
    baru buka aja ruamme.. pas dah lam.. suepi..

    hhmm.. tapi keberadaan mega mall pasti juga salah satu faktornya karena keberhasilan BIM..
    masih rame, kah?
    2 kali mudik BIM dah buka, tapi belom sempet main k sana..

    besok lah klo balik, mo liet stand perhiasan mama..😀

  18. iya…
    mall di bengkulu, finally…

    lwaktu nelpon adek-nya presty di rumah, dia cerita kayak gini :
    “woy mba, tau dak, di mega mall la buka gramedia.. nak buka bioskop 21 jugo..”

    ge ge ge:mrgreen:
    finally, bengkulu bisa sedikit lebih maju..
    ibukota propinsi, lo…😮

  19. Ya, semestinya memang demikian bahwa adanya Mall adalah sebagai SALAH SATU indikator kemajuan suatu daerah; dalam hal ekonomi tentunya. Karena dalam pendirian suatu Mall pastilah telah dilakukan suatu studi kelayakan.

    Terima kasih atas tanggapannya.

  20. totok

    dear Pak Suharyanto,

    sebenernya dengan adanya pembangunan Mall di suatu daerah bukannya itu adalah sebagai bukti bahwa daerah tersebut boleh di bilang mau maju dan berkembang, ini pandangan saya selain kata “membanggakan kalo suatu daerah ada Mallnya”. Karena dengan adanya Mall atau yang lainnya yg seperti itu berarti daerah tersebut sudah dipercayai oleh investor? dan mungkin akan mengundang investor lain untuk menanamkan modal disitu. saya setuju dengan pendapat anda yang mengatakan bahwa Mall itu sebagai indikator kemajuan suatu daerah, dikarenakan sektor lain jarang yang mampu bertahan lama sebagai ujung tombak permodalan suatu daerah. Simple saja, comtohnya Pembangunan Pabrik, pasti investor akan liat kelayakan dalam berbagai sisi, mulai dari SDM, transportasi sampai birokrasi dari daerah tersebut. Tapi kalo Mall, semua orang saya yakin sudah tahu walaupun daerah pelosok sekalipun.
    Memang Pemerintah daerahpun pasti mikir juga pertamnya waktu perencanaanya, karena pasti masalah pembebasan lahan lah, masalah preman lah, masyarakat yang tidak setuju lah.. dll tapi setelah Mall tersebut berdiri, bukannya banyak manfaatnya daripada tidaknya (selain kelayakan daya beli masyarakat lhoo). Contohnya dgn berdirinya Megamall Bengkulu saya yakin perekonomian makin meningkat. Karena dg adanya Mall, tenaga kerja banyak diserap dan sektor lain pun akan tambah maju seperti halnya Pariwisata, Transportasi dan Perdagangan.
    Dan saya berdo’a semoga Bengkulu akan lebih maju dari yang kemaren…

    salam saya
    Totok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s