Strategi Mencapai Swasembada Daging Sapi di Bengkulu

Oleh: Suharyanto

Swasembada daging sapi memang menjadi program unggulan pemerintah. Target pencapaian secara hipotetik berdasarkan hasil sensus ternak sapi dan kerbau tahun 2011 telah terpenuhi di tahun 2011. Artinya, sebelum 2014, sebagai target waktu tercapainya swasembada daging sapi, telah terpenuhi. Hal yang sama juga terjadi di Provinsi Bengkulu.

Pada tanggal 29 Februari 2012, saya diminta menjadi narasumber dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Peternakan (Musrenbangnak) Provinsi Bengkulu.  Dalam musrenbangnak tersebut membahas perihal percepatan pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau di Bengkulu. Dengan itu maka saya berbicara tentang strategi pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau di Bengkulu.

Diskusi berkembang terutama di seputar sistem integrasi ternak-kebun, khususnya sapi-sawit. Sebagian menyampaikan kepesimisannya, sebagian menyampaikan optimistisnya. Saya, tentu saja memandang secara positif bahwa integrasi memang menjadi pilihan yang harus dipilih karena ketersediaan lahan untuk khusus peternakan “tidak ada”.

Strategi lain juga seru menjadi area diskusi.

Berikut ini saya sajikan materi ringkas (aslinya dalam bentuk power point). Silahkan diunduh di sini!.

2 Comments

Filed under Opini

2 responses to “Strategi Mencapai Swasembada Daging Sapi di Bengkulu

  1. Abdul Rohman

    gagasan yang menarik untuk direalisasikannya sistem integrasi ternak dangan perkebunan pak apalagi gejolak harga dari hasil perkebunan untuk saat ini dalam kondisi yang kurang baik.

  2. menarik gagasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s