Demistikasi Batu Akik

Oleh: Suharyanto

Fenomena masif semua serba batu akik memberi dampak postif dalam beberapa hal. Paling tidak bagi ekonomi kreatif ini memberikan keuntungan karena ekonomi rakyat dapat bergerak ke arah yang postif. Di banyak titik telah tumbuh pusat-pusat pembuatan batu akik yang memberikan nilai ekonomi. Ekonomi masyarakat dan industri pariwisata menjadi berkembang.

Namun di balik keuntungan dari sisi ekonomi tersebut, fenomena serba akik ini telah merubah cara pandang orang terhadap batu akik. Dahulu, akik dinilai sebagai eksklusif dan bernuansa magis, mistik, dan klenik. Hanya orang tertentu yang menggunakan batu akik dalam bentuk cincin, khususnya orang yang memiliki kemampuan supranatural seperti dukun. Oleh karenanya bagi kebanyakan orang, meskipun mempunyai batu cincin akik tidak berani memakainya karena bisa dikira sebagai “dukun”. Jika seseorang dikira sebagai dukun maka bisa jadi orang ini “diuji” oleh orang lain untuk menguji kemampuan magis batu akik tersebut. Tentu saja ini “menakutkan” sehingga batu akik hanya dipakai oleh orang tertentu saja.

Kini, batu akik tidak lagi melambangkan kekuatan magis, mistik, dan klenik. Batu akik lebih mencerminkan nilai keindahan dan seni bagi pemakainya. Kehadirannya dalam skala masif ini memungkinkan semua orang untuk dapat memiliki dan memakainya. Tidak lagi hanya “dukun” tetapi juga semua lapisan masyarakat apapun profesinya. Setiap orang juga dapat memilih jenis batu akik yang disukai baik bentuk, warna, motif, harga, dan sifat-sifat fisik lainnya. Akik tidak lagi nilai berdasarkan kekuatan mistiknya.

Fenomena ini merupakan era demistikasi batu akik. Semua patut gembira karena dapat memakainya tanpa khawatir dikira sebagai seorang “dukun”. Tapi ingat, belakangan batu akik diduga dapat merusak lingkungan karena bahan dasarnya diambil dari area-area tertentu seperti hutan lindung. Nah, lo![]

 

Bengkulu, 11 Februari 2015

8 Comments

Filed under Artikel Umum

8 responses to “Demistikasi Batu Akik

  1. menarik untuk di simak infonya

  2. kunjungan pagi semoga bertahan lama demistikasi batu akkiknya

  3. sedang musimnya semua kalangan menyukainya

  4. harganya pun beragam ada yang sampai ratusan juta rupiah

  5. batu akik sedang menjadi favorit di indonesia bahkan sampai luar negri banyak sekali peminatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s